Perkataan Imam Syafie

Imam Syafie adalah ulama yang bernama lengkap Abu Abdullah Muhammad Bin Idris As-Syafie Al-Muthalibi Al-Quraisy. Masih Keturunan Muthalib dan Qurais. Nama Imam Syafie mahsyur dengan segala hal yang telah di sumbangkan kepada khalayak ramai dengan sebuah kitab yang terkenal berjudul "Ar-risalah" dan sebuah kitab yang berjudul "Al-umm". Kecerdasannya yang Sangat Spektakuler di zamannya dan diakui oleh umat Islam.

Lahir di Palestina Tahun 150 H yang artinya sudah 150 tahun setelah hijrahnya nabi Muhammad SAW. Di tahun imam Syafie Lahir di Tahun itu juga wafatnya ulama besar Imam Hanafi. Tercatat Imam Syafie Pernah Berguru dan Belajar kepada Imam Malik bin Anas di Madinah, dan cerdasnya Kitab Muwattha' Karya Imam Malik Sudah Dihafal Oleh imam Syafie. Dan tercatat juga bahwa murid beliau adalah Imam Ahmad bin Hambal yang namanya termasuk paling mahsyur.

Perkataan Imam Syafie
Perkataan Imam Syafie


Nah dibalik Perjuangan Imam Syafie dalam belajar yang telah berguru kepada orang-orang hebat, beliau memilki sebuah perkataan yang bisa dijadikan sebuah "muhasabah diri". muhasabah diri artinya proses untuk mengamati diri sendiri agar lebih maju dengan intropeksi diri, dan evaluasi diri. untuk memecahkan suatu permasalahan. maka tidak menutup kemungkinan perkataan beliau dijadikan sebuah muhasabah diri, nah untuk tidak memperpanjang muqaddimah langsung kita kepada perkataan beliau. perkataan imam syafie yang paling terkenal salah satunya yaitu :

"Bila Kamu Tak Tahan Lelahnya Belajar Maka Kamu Akan Menanggung Perihnya Kebodohan"

Sebuah Kalimat yang mungkin pernah didengar ditelinga kita, atau baru pertama kali mendengar kalimat ini. Coba kita telisik arti dari kalimat tersebut. "Bila Kamu Tak Tahan Lelahnya Belajar" dimana kata Tak Tahan Lelahnya Belajar mengungkapkan makna bahwa kita harus tahan terhadap lelahnya belajar. Bagaimana pun aktifitas kita sehari-hari pasti akan merasa pada posisi "on" dan "off", kalau sedang posisi "on" kita akan semangat 45 dan ini hal yang bagus, namun masalahnya kalau sedang posisi "off" kita akan lesu dan lelah, nah saat sedang lelah ingatlah perkataan imam syafie bahwa kita harus sabar dan menahan lelahnya belajar.


Nah, kalau sudah sanggup dalam sabar menghadapi belajar maka menanggung perihnya kebodohan tidak akan terjadi. Kamu tidak akan menanggung kebodohan, karena sudah menahan lelahnya belajar. Sudah sangat diakui bahwa belajar merupakan hal yang sangat lelah. Siapa yang kelelahan dalam belajar maka ia tidak akan kesulitan dalam ujian. namun kalau mau bodoh caranya mudah saja yaitu tinggal tak tahan lelahnya belajar maka kita akan menanggung perihnya kebodohan. sesimpel itu ternyata. Nah, kalau nggak mau bodoh yah tinggal dibalik aja. Kalau kita bisa menahan lelahnya belajar maka kebodohan tidak akan kita tanggung.

Oke, sekian semoga hal ini bermanfaat buat kita dan menjadikan kita untuk terus semangat dalam belajar apapun. Imam syafie semangatnya untuk belajar sangatlah besar apalagi zaman dulu tidak ada mobil, motor, ataupun pesawat yang ada hanya ada onta, kuda yang kalau berpergian ke suatu tempat membutuhkan waktu dan jarak tempuh yang sangat lama dan jauh. Diumur 9 Tahun sudah hafal Al-qu'an nah sedangkan kita sudah berumur segini dengan segala kemudahan teknologi apakah sudah hafal Al-qur'an? mari muhasabah dan mari semangat belajar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel