Hikmah Dibalik Virus Corona

hikmah dibaik virus corona
Hikmah Dibalik Virus Corona

Sudah lama tidak nulis, kali ini banyak sekali yang menggangu dengan hal ini. Sampai memberikan kesan bahwa dunia akan berubah menjadi seperti “baru” dengan teknologi chip dalam diri manusia dan terdata di pusat, tapi bukan mau bahas ini sih, hanya mau menjabarkan hikmah dibalik virus corona. Apa saja yang sudah disadari dengan kehadiran virus ini? Emang ada untungnya ya dengan pendemi ini? Wkwk itulah karena sudah tau ruginya ini dikasih tau untungnya. Ok mulai….

Pagi-pagi aku sedang duduk di depan rumah sambil minum kopi dan scroll hp tiba-tiba muncul berita bahwa virus corona berhasil menjangkit negeri Indonesia. Awalnya di duga virus tersebut tidak akan bisa masuk Indonesia karena faktor iklim dan daya tahan tubuh orang Indonesia sangat kuat. Namun fakta berkata lain dengan sampai sekarang lebih dari 5000 orang sudah terjangkit virus tersebut. Semua orang mulai panik dan memborong bahan pokok di pasar dan swalayan. Sangat mencekam dengan kondisi sekarang ini.

Di media info yang berkembang bahwa virus ini berasal dari kalelawar. Awalnya booming berita di Wuhan tepatnya di pasar dan terdapat satwa disana, salah satunya kalelawar. Orang yang terkena virus ini bisa jatuh dijalanan. Bisa menyebar dengan batuk, bersin, bahkan sentuhan. Kalau tidak pakai masker dan berada di keramaian sangat beresiko terdampak virus ini, apalagi tidak cuci tangan setelah dari luar.

Perusahaan dan pabrik banyak yang ditutup dan ada sebagian yang tetap buka namun jam kerjanya di kurangi yang biasanya 10 jam sehari, sekarang dibatasi menjadi 7 jam atau bahkan kurang dari itu. Mahasiswa pun banyak yang pulang kampung untuk menghindari pendemi ini dan itu menyebabkan banyak warung makan pun ikut tutup dan sebagian lagi tetap buka namun dapat dipastikan pendapatan mereka tidak seperti biasanya, sama seperti nasib ruko fotocopy yang juga mendapat imbasnya.

Namun yang sangat disayangkan ialah masjid pun ikut terdampak virus ini, demi menghindari kemudharatan anjuran shalat dirumah menjadi pilihan, kemudian pada suatu hari ingin rasanya ke masjid. Saat magrib ku mantapkan ke masjid saat pendemi ini dan beberapa hal terjadi yaitu hanya terdapat imam dengan satu makmum.  karpet sajadah digulung, dan satu hal lagi yang ini terdengar unik yang mana hanya ingin bersalaman saja seperti dibatasi oleh keadaan.  dan pendemi ini hampir mengenai segala sektor. Kemudia apa yang mesti di untungkan saat sekarang ini apa hikmahnya?
Hikmah yang dapat dipetik dari virus ini ialah :

Pertama, alam mulai bersih tanpa polusi saat pabrik mulai tidak aktif yang selalu mengeluarkan asap dan polusi ke alam.

Kedua, lebih banyak dirumah menghabiskan waktu bersama keluarga yang buat suasana yang agak renggang menjadi menyatu kembali, apalagi saat menceritakan saat waktu kecil.

Ketiga, lebih banyak ibadah dan muhasabah. Beruntungnya virus ini masih ada saat bulan puasa saat orang sedang rajin membaca al-quran, berzikir, dan ibadah lainnya jadi lebih mantap untuk ibadah.

Keempat, menghargai bersalaman saat waktu shalat, merapatkan shaf, karena disaat inilah virus ini memberikan arti bahwa saat masa sehat ternyata kurang bersyukur.

Kelima, lebih update dengan berita. Yang biasanya kurang perhatikan berita sekarang menjadi sadar untuk update dengan informasi di media.

Demikianlah, Masih banyak lagi sih hikmah dibalik ini namun waktunya terbatas, terus apa kamu tau virus ini ternyata membawa sebuah keberkahan untuk kamu?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel